Senin, 19 Maret 2018

SEJARAH DODOL KHAS GARUT

SEJARAH DODOL KHAS GARUT

Dodol memanglah banyak ragamnya gan serta membuatnya juga jadi kebiasaan di banyak daerah. Umpamanya ada dodol Betawi, dodol Cina, dodol nanas Subang, serta ada juga dodol Garut. Tetapi dibanding dengan dodo-dodol beda, mungkin saja dodol Garut paling banyak di kenal sekarang ini. Tidak cuma di Garut, namun di tingkat nasional juga dodol ini telah di ketahui jadi makanan ciri khas dari Garut. Terakhir, dodol Garut juga di-export ke mancanegara 

Seperti dodol-dodol yang lain, dodol Garut awalannya adalah makanan tradisionil yang di buat dalam industri rumahan. Oleh karenanya, begitu susah untuk mempelajari siapa yang pertama kalinya buat type dodol ini. Yang pasti dodol Garut telah di kenal mulai sejak jaman Belanda. Jaman itu, banyak noni-noni Belanda yang pintar buat dodol, baik untuk makanan sendiri dirumah ataupun untuk di jual. Bersamaan perubahan jaman, dodol Garut saat ini di produksi dengan moderen. Satu diantara type dodol Garut yang begitu di kenal yaitu dodol merk Picnic. Dodol Picnic di produksi dengan moderen oleh PT Herlina Cipta Pratama di satu pabrik yang cukup besar di Jl. Pasundan Garut. Dodol ini bukan sekedar di pasarkan didalam negeri, namun beberapa di-export ke mancanegara. : thumbup 

Berhasil yang dicapai Dodol Picnic tidak didapat demikian saja. Dodol ciri khas Garut ini dapat di kenal seperti saat ini karna perjuangan yang gigih serta panjang Haji Iton, pengusahanya. Dalam sejarahnya Dodol Picnic sempat ganti-ganti merk serta paket jadi akibatnya karena persaingan perebutan serta dampak pasar. Pertama kalinya dodol ini memakai merk Halimah. Th. 1950, merknya ditukar jadi dodol Fatimah. Empat th. lalu, yaitu pada 1954, merknya ditukar sekali lagi jadi dodol Purnama. Bungkusnya juga berubah-ubah. Awalannya cuma memakai kertas umum. Lalu ditukar dengan kertas minyak serta plastik PVC. 

Dari dodol Purnama bertukar merk sekali lagi jadi dodol Herlina yang kemasannya mulai memakai kertas duplek. Tetapi merk dodol Herlina juga tidak bertahan lama, karna lalu dirubah sekali lagi jadi dodol Picnic sampai saat ini. Merk dodol Picnik lalu dipatenkan pada tanggal 14 Juli 1959. Keberhasilan entrepreneur dodol Picnic mencapai pasar dalam serta luar negeri banyak mendorong entrepreneur dodol yang lain untuk menghasilkan dodol sama. Tidak heran bila lalu di Garut banyak diketemukan beragam merk dodol dengan paket yang begitu serupa. 

Fakta ini buat entrepreneur dodol Picnic mesti memutar otak supaya dodolnya tetaplah mempunyai ciri-khas yang ciri khas serta dapat dibedakan dengan dodol-dodol beda yang semacam. Oleh oleh karena itu, dodol Picnic lalu didaftarkan ke Departemen Kesehatan serta kemasannya didesain demikian rupa hingga berkesan menawan serta variasi. 

Sejatinya dodol Garut banyak ragamnya. Ada dodol ketan, dodol kacang, dodol buah-buahan, ada juga angleng. Bila kita bertandang ke beberapa toko penjual oleh-oleh ciri khas Garut, juga akan kita jumpai beragam macam dodol Garut dalam paket yang berlainan. Bila dodol ketan serta buah - buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastik, dodol kacang serta angleng umumnya dibungkus dengan daun jagung kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar