Senin, 19 Maret 2018

Dodol Garut – Kuliner Khas Sunda Yang Terkenal Hingga Mancanegara Karena Kelegitannya

Dodol Garut – Kuliner Khas Sunda Yang Terkenal Hingga Mancanegara Karena Kelegitannya

Penganan ciri khas yang datang dari olahan basic santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah serta garam ini banyak macam serta type langkah membuatnya. Bukan sekedar Garut, beberapa daerah beda seperti Betawi, Subang serta daerah beda di Indonesia banyak juga yang jadikan dodol jadi keunikan oleh-olehnya. Dodol Garut memanglah lebih populer di banding dodol-dodol yang lain di Indonesia, bahkan juga namanya telah melanglang buana sampai ke mancanegara. 

Bila menengok pada histori Garut, memanglah susah untuk temukan siapa yang pertama kalinya buat penganan ini, cuma saja Dodol Garut sendiri telah di kenal mulai sejak zaman Belanda. Bahkan juga, konon banyak noni-noni Belanda yang pintar buat dodol baik untuk dikonsumi sendiri ataupun untuk di jual. Sekarang ini Dodol Garut jadi satu diantara sumber ekonomi terkuat untuk orang-orang Garut terutama terkecuali populer dengan obyek wisata Garut, bahkan juga Dodol Garut juga sudah sukses jadi satu diantara komoditas paling utama yang dapat mengangkat citra kabupaten serta kota Garut jadi penghasil dodol yang berkwalitas tinggi serta beragam macam macamnya. 

Dodol Garut sendiri banyak macamnya, seperti dodol wijen, dodol kacang, bermacam dodol buah seperti nanas, tomat, durian, strawberry serta type buah yang lain. Satu diantara merk dagang dodol yang paling popular serta jadi ikon Kota Garut yaitu Dodol Picnic, yang lalu disusul dengan mengembangnya rasa dodol oleh satu diantara product bernama Chocodot (cokelat isi dodol pertama didunia) yang dikemas lebih moderen. 

Berdasar sebagian sumber, industri Dodol Garut mulai tumbuh mulai sejak th. 1926 oleh seseorang entrepreneur bernama Ibu Karsinah yang buat dodol dengan tehnik simpel serta dengan bahan yang gampang diperoleh, hingga beberapa orang yang mulai belajar serta mengambil keputusan untuk melakukan usaha dodol. Akhirnya, usaha Dodol Garut tidak sempat sepi serta makin banyak ragamnya sampai sekarang ini. Sampai buat panganan ini jadi oleh oleh ciri khas garut serta satu diantara andalan kuliner Garut terkecuali dari ketenaran obyek wisata di Garut. 

Bila Anda mencari oleh-oleh Dodol Garut, sekarang ini telah beredar banyak di beberapa toko oleh-oleh di tiap-tiap pojok kota seperti di Kota Bandung umpamanya. Anda dapat menemukannya di lokasi ruang Pasar Baru atau terminal Leuwi Panjang. Bahkan juga, sekarang ini warung-warung kecil yang menjual beragam jenis makanan ringan juga telah banyak yang sediakan oleh-oleh ciri khas Garut ini. Akan tetapi, Anda mesti waspada dengan Dodol Garut palsu karna banyak product dodol yang mengklaim jadi kuliner ciri khas Kota Garut tetapi mutunya tidak sebagus yang aslinya. Anda juga dapat singgah waktu lakukan perjalanan melalui kota Garut, banyak toko ataupun warung yang menghidangkan dodol jadi barang dagangannya di selama jalan kota Garut, terlebih di pintu-pintu gerbang menuju serta keluar ke daerah beda di sekitaran kota Garut. 

Dodol Garut konon banyak disenangi karna tektur kelenturannya atau kelegitan dari dodolnya yang berlainan dengan type dodol dari daerah beda, serta hal inipula yang mungkin saja jadi satu diantara penyebabnya populernya Dodol Garut di Indonesia sampai mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar