Senin, 19 Maret 2018

Lezatnya Dodol Dan Ladu Malangbong Khas Garut

Lezatnya Dodol Dan Ladu Malangbong Khas Garut

Mesti disadari kalau kota Garut ini mempunyai segudang makanan yang mengagumkan. Selain kota Garut ini populer dengan beberapa tempat wisatanya yang menarik, kota Garut ini banyak juga di kenal wisatawan dengan oleh-oleh serta makanan khasnya yakni Dodol Garut serta Ladu Malangbong. 
Dodol memanglah banyak pula diketemukan di daerah beda terkecuali Garut, tetapi dodol Garut mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan dodol dari kota-kota beda di Indonesia. Dodol Garut adalah makanan ringan ciri khas Sunda dari kota Garut, Jawa Barat. Komoditas ini sudah berjalan mulai sejak th. 1962 yang dipelopori oleh Ibu Karsinah memakai sistem serta cara membuat simpel serta bersamaan dengan mengembangnya saat, Dodol Garut selalu berkembang serta tetaplah jadi satu diantara kuliner ciri khas dan komoditas Garut yang dibanggakan. Ada banyak type dodol Garut salah satunya dodol wijen, dodol kacang, bermacam dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian serta buah-buahan yang lain, chocodot (cokelat isi dodol pertama didunia), dodol piknik yang disebut dodol paling popular serta jadi satu diantara ikon kota Garut dan banyak type dodol yang lain. Dodol ini termasuk juga makanan makanan ringan yang rasa-rasanya manis serta lezat. 
Kenapa Dodol Garut demikian populer, Dodol Garut miliki cita rasa yang berlainan dari dodol yang lain, Harga nya terjangkau serta disenangi oleh orang-orang, Sistem membuatnya begitu simpel serta bahan bakunya juga gampang didapat, Tidak memakai bahan pengawet, Dodol Garut tahan lama dapat sampai 3 bln. lamanya. 
Ladu Malangbong yaitu makanan yang terbuat dari tepung ketan, kinca gula aren, gula putih, gula aren merah, kelapa yang telah diparut. Struktur makanan ini agak kasar apabila digigit kenyal serupa dodol tetapi sensasinya berlainan serta berikut yang buat ladu makanan tradisionil ciri khas yang pertama dipopulerkan oleh orang-orang Malangbong. 
Untuk memperoleh Dodol serta ladu Malangbong di Garut tidak sulit, karna banyak sentra oleh-oleh di Garut yang sediakan bermacam makanan ciri khas garut. Satu diantaranya di Toko Oleh-Oleh SBR III yang terdapat di Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut. Toko oleh-oleh ini buka mulai jam 08. 00 sampai jam 23. 00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar