Senin, 19 Maret 2018

Makanan Khas Sunda Dodol Garut

Makanan Khas Sunda Dodol Garut 

Dodol Garut adalah makanan ciri khas Sunda dari kota Garut propinsi Jawa Barat. Ada banyak type dari dodol Garut ini, salah satunya yaitu dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol coklat, yang paling populer yaitu dodol picnic serta chocodot serta banyak sekali lagi beberapa typenya. Dodol ini termasuk juga pada makanan makanan ringan karna rasa-rasanya yang manis. 
Ada banyak sekali beberapa toko atau warung-warung yang menghidangkan dodol jadi jualannya. Di selama jalan kota Garut banyak penjual yang menjual dodol garut, terlebih di berjalan-jalan yang jadi pintu gerbang ke daerah beda di sekitaran kota Garut.

Orang banyak yang suka pada dodol Garut ini karna rasa-rasanya yang ciri khas, hingga membedakan dengan dodol-dodol yang datang dari daerah yang lain di Indonesia.


Dodol Garut adalah satu diantara komoditas yang sudah dapat mengangkat citra Kabupaten Garut jadi penghasil Dodol yang berkwalitas tinggi serta beragam macam type Dodol yang di produksi. Dodol Garut ini terkenal karna rasa-rasanya yang ciri khas serta kelenturan yang berlainan dari product yang semacam dari daerah beda.
Industri ini berkembang mulai sejak th. 1926, oleh seseorang entrepreneur yang bernama Ibu Karsinah dengan sistem pembuatan yang begitu simpel serta selalu berkembang sampai sekarang ini, hal semacam ini karena sebab :

- Mempunyai cita rasa yang berlainan serta dapat berkompetisi dengan type dodol yang datang dari daerah beda ;
- Harga nya terjangkau serta adalah makanan yang begitu disukai oleh orang-orang ;
- Sistem membuatnya begitu simpel serta bahan bakunya gampang didapat ;
- Tidak memakai bahan pengawet serta penambahan bahan makanan yang berbentuk sintetis ;
- Mempunyai ketahanan cukup lama (3 bln.).

Dodol Garut telah lama serta seringkali jadi oleh-oleh, yang seringkali dibawa beberapa wisatawan yang bertandang ke daerah Garut. Penganan ini juga bahkan juga telah sukses meletakkan Garut jadi daerah penghasil dodol yang berkwalitas tinggi. Karena sangat terkenalnya, dodol ini dapat diketemukan di beberapa besar daerah di Indonesia.

Industri Dodol Garut sendiri mulai diperkembang oleh seseorang entrepreneur bernama Ibu Karsinah mulai sejak th. 1926, serta selalu bertahan serta berkembang sampai sekarang ini. Sistem membuatnya termasuk simpel, sesaat bahan bakunya yang berbentuk tepung beras ketan, gula putih, susu, dan kelapa juga gampang didapat. Walau tidak memakai bahan pengawet, namun Dodol Garut dapat tahan sampai tiga bln..

Salah merk dagang Dodol Garut yang sangatlah populer di Indonesia yaitu Dodol Garut Picnic, yang di produksi oleh PT. Herlinah Cipta Pratama, satu perusahaan yang beroperasi di sektor industri makanan serta perdagangan umum. Sampai saat ini, perusahaan ini telah menghasilkan Dodol Garut dalam beragam rasa serta paket. Ada rasa susu, coklat, wijen, durian, dan dodol rasa beda yang dikemas dalam kotak kardus kecil ataupun plastik ukuran ekonomis. Bukan sekedar menyebar di beberapa besar lokasi Indonesia, Dodol Garut Picnic ini juga nyatanya telah di pasarkan sampai ke negeri tetangga, seperti Malaysia serta Singapura.


Kenapa Dodol Garut demikian populer?
1. Dodol Garut miliki cita rasa yang berlainan dari dodol lainnya
2. Harga nya terjangkau serta disenangi oleh orang-orang
3. Sistem membuatnya begitu simpel serta bahan bakunya juga gampang didapat
4. Tidak memakai bahan pengawet
5. Dodol Garut tahan lama, dapat sampai 3 bln. lamanya lho, dodol Garut ini bertahan.

Karna dodol Garut ini demikian disukai oleh orang-orang setempat hingga pada akhirnya jadi oleh-oleh ciri khas Kabupaten Garut, pada akhirnya pemerintah daerah turut mensupport pemasaran serta perbaikan kwalitas dodol. Hingga saat ini, Kabupaten Garut dapat menghasilkan 4. 378 ton dodol per th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar