Senin, 19 Maret 2018

Diet Sehat dengan Dodol dan Sale Pisang

Diet Sehat dengan Dodol dan Sale Pisang

Sedikit yang ketahui, kalau rendahnya kandungan natrium dalam dodol membuatnya jadi satu diantara makanan yang baik untuk diet sehat meredakan serta menghindar hipertensi. Apakah Anda suka pada jajanan classic bernama dodol untuk diet sehat Anda? Bila orang Garut tentu telah tidak asing dengan kudapan diet sehat yang satu ini. 


Sesungguhnya, nyaris tiap-tiap daerah mempunyai makanan semacam dodol yang cuma berlainan dipenamaan namun prinsip pembuatan serta bahan intinya sama juga. Satu diantara keunikan dodol yaitu rasa-rasanya yang manis serta lengket. Bahan dasarnya dari tepung ketan. Kita kenali kalau beras ketan tersebut jadi bahan basic sangatlah bergizi (silahkan rujuk Beras Ketan serta Kandungan Gizinya). Sedang rasa manisnya berasal intinya dari gula merah, serta bahan perlu yang lain yakni santan kelapa. 

Bila diliat dari sisi tiga bahan pokok penyusunnya, kita relatif hindari mengonsumsinya jadi sisi dari diet sehat sehari-harinya kita. Walau sebenarnya semasing mempunyai kelebihannya sendiri-sendiri. Umpamanya santan berdasar pada kandungan di dalamnya kaya lemak jemu yang disebutkan kurang sehat, namun santan juga kaya dengan asam laurat serta kaproat yang berperan jadi antimikrobial serta antiviral. Berarti sejauh konsumsinya tidak terlalu berlebih jadi sisi dari diet sehat, dodol aman dikonsumsi. Serta terkecuali tiga bahan itu terkadang digabung dengan buah-buahaan. 

Rasa manis pada dodol biasanya dijauhi oleh kita dalam diet sehat sehari-harinya. Walau sebenarnya kandungan kalori dodol lebih rendah bila dibandingan dengan kue-kue yang lain. Dalam dodol seberat 22 gr cuma diisi 71 kilokalori. Otomatis, dodol jadi menu diet sehat yang baik untuk kita. Diluar itu seperti di muka sudah dibicarakan kalau beras ketan tersebut kaya dengan zat besi yang tidak sering didapati pada kue-kue yang lain. 

Kenyataan yang lain kenapa dodol tidak sering berada di tempat jualan kue di mal-mal itu? Karna jajanan yang satu ini mungkin sangat menyehatkan untuk diet sehat serta tidak buat dampak candu. Serta sekali lagi membuatnya masih tetap tradisionil jadi agak merepotkan, walau sebenarnya lebih menyehatkan. 

Selalu apa sekali lagi yang baik untuk diet sehat? Sale pisang! 

Kudapan yang satu ini kaya karbohidrat, mineral dan vitamin lho. Karenanya sale pisang begitu pas jadi makanan ringan ketika badan perlu daya atau cocok jam makan untuk selingan sekitaran jam sepuluh pagi atau jam lima belas sore. Masalah kandungan lemak, sale pisang rendah lipid! 

Sama seperti dengan dodol. Sale pisang ini umum didapati di lokasi Jawa Barat. Jadi satu product inovasi dari pisang yang pada umumnya telah sehat, nyatanya waktu dibikin jadi sale makin tinggi kandungan gizinya. Mengenai komposisi gizi sale pisang begitu beragam, bergantung pada type pisangnya tersebut, tingkat kematangan pisang, langkah pengolaan, serta pengemasannya. Rendahnya kandungan air juga akan menghalangi perkembangan mikroorganisme hingga perpanjang daya taruh. Dengan kata beda, menyalekan pisang yaitu satu diantara sistem dari pengawetan pada intinya. 

Untuk zat gizi intinya yaitu karbohidrat. Kandungan lemaknya rendah, terkecuali pada sale pisang yang digoreng. Sumber gizi yang lain yang unggul dalam sale pisang yaitu mineral intinya kalsium fospor, serta zat besi dan vitamin C, B, A. Dengan bermacam kandungan itu, sale pisang jadi langkah diet sehat yang baik untuk kita. 

Cuma saja, keduanya benar-benar sangat susah didapati bebrapa saat ini ini. Terkecuali di beberapa daerah spesifik. Telah saatnya kita lakukan diet sehat dengan jajajan tradisionil yang berguna. Karna rata-rata kue yang di jual di pusat perbelanjaan lebih serupa menu restoran-restoran junk food yang perlu dijauhi. Untuk anak-anak, baiknya diarahkan juga untuk menelan makanan ringan yang baik untuk diet sehat sehari-harinya mereka. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar