Senin, 19 Maret 2018

Luar Biasa…! Ini Dia Macam Macam Dodol Cerminan Kuliner Nusantara

Luar Biasa…! Ini Dia Macam Macam Dodol Cerminan Kuliner Nusantara

Jenis jenis dodol bisa anda dapatkan di negeri kita yang indah ini. Anda tentu tidak asing sekali lagi dengan makanan yang manis, kenyal, serta lengket yang dimaksud dodol.

Dodol adalah satu diantara makanan tradisionil yang gampang didapati di banyak daerah di Indonesia. Dodol mempunyai rasa manis gurih, berwarna cokelat, struktur lunak, dikelompokkan jadi makanan semi basah. Product olahan dodol disukai oleh orang-orang, karna mempunyai macam rasa serta harga terjangkau.

Jenis Macam Dodol dengan Ciri Khasnya
Awal mulanya, dodol yang termasuk juga jadi bahan olahan pertanian umumnya memakai buah-buahan jadi bahan dasarnya. Keluar demikian banyak jenis macam dodol buah seperti dodol nangka, dodol salak, dodol mangga, dodol nangka, sampai dodol durian, serta banyak sekali lagi.

Pemrosesan dodol buah termasuk cukuplah gampang, walau langkah pemrosesannya tidak sama karna mesti sesuai dengan type buah yang dipakai.

Meski sekian, ketertarikan orang-orang dalam konsumsi dodol semakin alami penurunan, hingga beberapa produsen mesti memutar otak untuk membuat jenis macam dodol dengan bahan serta alternatif rasa yang ikuti perubahan zaman.

Untuk sebagian contoh resep serta langkah buat dodol bisa anda baca di tautan baru saja.

Jenis Macam Dodol di Indonesia
Indonesia di kenal dengan negara dengan suku, bhs daerah, dan budaya yang tidak terhitung banyak. Keberagaman adalah satu kelebihan dari tanah air kita ini. Searah dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, jenis macam dodol juga dapat anda dapatkan di hampir tiap-tiap pojok di negeri ini.

Pastinya dengan ke ciri khas an semasing yang buat produksi dodol sendiri jadi ‘seni’, yang hasilkan karya yang begitu bermacam.

Semasing daerah mempunyai nama ciri khas, dodol garut datang dari garut serta dodol kudus datang dari kudus, dengan bahan basic tepung ketan. Selain itu dodol juga di buat dari buah serta sayur, seperti dodol apel, dodol sirsak, dodol wortel dsb, hingga dodol termasuk juga jadi satu diantara product olahan hasil pertanian.

Dodol yang datang dari beragam jenis daerah di indonesia selalu berkembang sampai mempunyai ke-khas-an serta citarasa semasing. Langkah membuatnya juga kadang-kadang begitu variasi. Walau umumnya dodol bisa anda olah memakai mesin pengaduk dodol untuk usaha.

Di bawah ini yaitu sedikit uraian tentang 15 jenis macam dodol yang bisa anda temui di Indonesia. Silakan dikaji!
1. Dodol Garut
Dodol Garut adalah makanan ciri khas Sunda dari kota Garut propinsi Jawa Barat. Ada banyak type dodol Garut salah satunya dodol wijen, dodol kacang, bermacam dodol buah seperti dodol nanas, dodol tomat, dodol durian serta buah-buahan yang lain, chocodot (cokelat isi dodol pertama didunia), dodol picnic yang disebut dodol yang paling popular serta jadi satu diantara ikon kota Garut dan banyak type dodol yang lain.

Dodol ini termasuk juga makanan makanan ringan yang rasa-rasanya manis serta lezat. Ada banyak sekali beberapa toko atau warung-warung yang menghidangkan dodol jadi barang dagangannya. Di selama jalan kota Garut banyak penjual yang menjual dodol Garut, terlebih di berjalan-jalan yang jadikan jadi pintu gerbang menuju ke daerah beda di sekitaran kota Garut.

Beberapa orang yang suka pada dodol Garut ini karna rasa-rasanya yang ciri khas yang membedakannya dengan dodol-dodol semacam dari daerah yang lain di Indonesia.

2. Dodol Betawi
Bagaimana dengan dodol Betawi? Dodol yang legit ini sesungguhnya tidak kalah pamornya dengan dodol Garut. Sayangnya tidak gampang menjumpai dodol Betawi di ibukota. Orang-orang Betawi begitu ketertarikan dalam menyikapi masalah makanan manis ini. Bahan basic yang dipakai untuk buat dodol terbagi dalam santan kelapa, garam, gula pasir, tepung beras serta gula merah.

Dodol ini bisa Anda temui di kampung Dodol yang terdapat bilangan kalibata. Makanan ini ada dikampung itu karna lokasi itu adalah sentra produksi serta penjualan dodol Betawi. Diluar itu, dodol betawi adalah satu diantara makanan ciri khas yang dipunyai orang-orang Betawi yang banyak disukai orang mulai sejak jaman dahulu hingga saat ini.

Untuk orang-orang Betawi Hari Raya Idul Fitri serta Hari Raya Idul Adha identik dengan dodol. Terkecuali karna telah jadi kebiasaan, umumnya dodol itu juga di kirim pada sanak famili. Bukan sekedar itu, dodol Betawi juga umum jadikan hantaran harus untuk pengantin Betawi.
3. Dodol Durian/Lempok
Lempok yaitu dodol dengan bahan paling utama dari buah durian yang disebut makanan olahan tradisionil andalan orang-orang Sumatera Selatan serta sekelilingnya. Pembuatan lempok ini dikerjakan dengan turun temurun oleh orang-orang dengan tehnologi simpel.
4. Dodol Bali
Dodol tradisionil yang satu ini memanglah bukan dodol umum. Memiliki bentuk memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya. Bukan sekedar laku-manis jadi hidangan upacara keagamaan namun banyak juga diborong jadi oleh-oleh.

Bukan sekedar Betawi serta Garut yang miliki dodol. Bali juga mempunyai ikon dodol Buleleng yang cukup populer bahkan juga di kelompok beberapa pelancong. Dodol Buleleng mempunyai keunikan tersediri terkecuali pada bungkusnya juga terdapat pada bahan baku membuatnya.

Dodol Bali atau yang dikenal juga dengan dodol Buleleng mempunyai cita rasa yang ciri khas yakni manis legit serta wangi. Bahan bakunya yaitu ketan hitam, santan, serta gula merah. Sistem pembuatan dodol ini masih tetap termasuk tradisionil karna ditangani pada industri-industri rumahan di daerah Buleleng, Bali Utara yang disebut kota asal membuatnya.

Tidak heran bila kemasannya juga begitu tradisionil serta unik. Setiap dodol dibungkus dengan ‘klobot’ atau daun jagung kering. Memiliki bentuk di buat sedikit memanjang dengan ke-2 bagian diikat memakai tali rafia. Aroma daun jagung kering jadi pembungkusnya yang wangi berikan sensasi sendiri waktu nikmati dodol yang berwarna hitam pekat ini.

Kekhasan yang lain, dodol Buleleng tidak dikemas dalam kotak-kotak atau plastik. Dodol ini direnceng jadi satu memanjang setiap 10 buah serta digantung dengan tali rafia. Setiap renceng di jual dengan harga Rp 10. 000, 00. Di Bali, dodol Buleleng seringkali dipakai jadi pelengkap sesajian upacara keagamaan. Seiring berjalannya waktu dodol ini banyak dibawa oleh beberapa pelancong yang datang jadi oleh-oleh ciri khas Bali.

Dodol ini tahan disimpan sampai 3 minggu lamanya. Nah, bila berjalan-jalan ke pulau Dewata yakinkan Anda beli dodol ciri khas Bali ini. Terkecuali pas jadi oleh-oleh karna rasa-rasanya yang ciri khas serta enak, beberapa kalkulasi Anda juga telah turut melestarikan kuliner tradisionil.
5. Dodol Labu Kuning
Satu diantara type dodol yang populer yaitu dodol labu kuning ciri khas Pontianak. Dodol itu terkecuali enak juga gampang untuk di buat. Labu kuning atau waluh adalah bahan pangan yang kaya vitamin A serta C, mineral, dan karbohidrat. Daging buahnya juga memiliki kandungan antiokisidan jadi penangkal beragam type kanker.
serta banyak sekali lagi dodol yang lain seperti : dodol kandangan, dodol rumput laut, dodol salak, dodol susu, dodol jahe, dodol sirsak, dodol apel malang, dodol nangka, dodol kentang, dodol cina.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar