Senin, 19 Maret 2018

Sejarah dan Perkembangan Dodol Picnic Garut

Sejarah dan Perkembangan Dodol Picnic Garut

Mulai sejak lama, Garut populer jadi penghasil makanan dodol yang mempunyai cita rasa yang ciri khas, product itu banyak disukai orang-orang luas. Potensi berikut yang mendorong H. Iton Damiri pada th. 1949 meniti pembuatan usaha Dodol Garut. Pada saat itu perusahaan masih tetap bertaraf rumah tangga dengan jumlah tenaga kerja sejumlah 5 orang serta daerah pemasarannya terbatas sekitaran kota Garut saja serta merk yang dikerluarkan " HALIMAH ". Pada th. 1950 keluarkan merk baru " FATIMAH ". Pada th. 1954 pabrik yang awal mulanya di Jalan Gunung Payung No. 21 geser ke Jalan Ciledug No. 195. Pada th. 1955 perusahaan selalu lakukan perbaikan, pengembangan product serta paket yanglebih baik dan pelebaran pemasaran yang mencakup kota-kota besar di Pulau Jawa. 
Perusahaan ini alami perubahan yang begitu cepat, hingga pada th. 1957, Ayah H. Iton Damiri mengajak adiknya Ayah Aam Mawardi untuk gabung. Pada th. itu nama perusahaan yang digunakan yaitu " HERLINAH " yang di ambil dari satu diantara nama keluarganya. Atas prakarsa Ayah Aam Mawardi merk dagang Purnama serta Halimah ditukar dengan merk PICNIC. 
Merk dagang PICNIC setelah itu didaftarkan ke Direktorat Patent pada tanggal 14 Juli 1959 dengan nomor registrasi 67595. Paket paling baru dodol terbuat dari kertas duplek dengan macam paket 200gr, 5oogr serta 1000gr. Paket dus itu memiliki basic warna putih dengan strip biru dibarengi gambar buah-buahan jadi latar belakang paket. Pemakaian gambar itu karna pada saat itu buah-buahan umum ditambahkan jadi penambah cita rasa dodol PICNIC. 

Pada th. 1969, pemasaran PICNIC mulai menjangkau beberapa daerah di luar Jawa. Perkembangan ini mengakibatkan perusahaan beda berlomba ikuti jejak PICNIC menghasilkan dodol hingga muncul persaingan perebutan tidak sehat terutama di antara beberapa entrepreneur berkaitan itu memakai paket yang nyaris sama. 
DODOL GARUT PICNIC yaitu makanan Ciri khas Garut Jawa Barat Indonesia sudah populer kelezatannya hingga begitu pas untuk di nikmati, memiliki cita rasa yang ciri khas serta pas jadi oleh-oleh. Kekhasannya, kelezatan serta mutunya begitu disenangi oleh customer domestic ataupun mancanegara hingga DODOL PICNIC GARUT adalah product tradisionil mungkin serta memiliki nilai jual tinggi. 

Product DODOL GARUT PICNICmerupakan makanan tradisionil yang selalu diperkembang dari sekian waktu lewat pemrosesan yang higienis, pengawasan yang ketat serta terbuat dari beberapa bahan alami pilihan (tanpa ada bahan pengawet) hingga tidak diragukan sekali lagi kualitasnya, ditanggung keasliannya, lezat serta bergizi. 

Pada th. 1972 perusahaan didaftarkan ke PANITIA HIGIENIS MAKANAN DEPARTEMEN KESEHATAN RI dengan NOMOR REGISTRASI MD 2010250. Pada th. sehubungan Bp. Aam Mawardi wafat dunia, hingga adiknya yakni Bp. H. Muksin diperbantukan jadi penanggungjawab pelaksana. Pada th. 1973 perusahaan lakukan desain ulang paket untuk hindari terjadinya pemalsuan karena ada persaingan perebutan tidak sehat. Desain ditukar berwarna merah bit dengan latar belakang paket bergambar buah-buahan. 

Pada th. 1979 terjadinya perkembangan cepat pada perusahaan, hingga mendorong untuk membangun pabrik yang relative semakin besar agar bisa tingkatkan produksinya. Th. 1979 pabrik yang relative semakin besar itu dibangun dengan luas kurang lebih 5000m2, yang berada di Jalan Pasundan No. 102. Maksud pendirian pabrik yang besar yaitu untuk tingkatkan kemampuan produksi serta tingkatkan perkembangan perusahaan. Pada th. 1986, status perusahaan perorangan dirubah jadi perusahaan berbadan hukum " Perseroan Terbatas " dengan nama perusahaan " PT. HERLINAH CIPTA PRATAMA " 

Mulai sejak th. 2000 berlangsung pergantian kepemimpinan diperusahaan di mana H. Atau Hermanto diakui jadi Direktur perusahaan. Mulai sejak waktu itu perusahaan lakukan beragam usaha perbaikan, penyempurnaan serta pengembangan dalam beragam bagian diperusahaan mencakup : manajemen, produksi, pengembangan product, pemasaran, administrasi, SDM serta diversifikasi product bermacam Dodol Garut. HIngga sekarang ini perusahaan telah dapat menyerap tenaga kerja 230 orang dengan klasifikasi pendidikan serta ketrampilan. Kemampuan produksi sekitar 4-6 ton /hari denga cakupan pemasaran mencakup semua lokasi kota besar di Indonesia. 

Dalam kurun saat 57 th. beroperasi di sektor industri Dodol Garut Picnic banyak berprestasi serta penghargaan yang sempat dicapai oleh PT. HERLINAH CIPTA PRATAMA salah satunya : Penghargaan UPAKARTI th. 1990, Penghargaan SIDDHAKARYA di bagian produktivitas th. 1995, Penghargaan PARAMAKARYA di bagian produktivitas th. 1996, Penghargaan Indonesia Development Citra Award 1998-1999 serta Asian Best Economic Executive Award th. 2004. Dengan beragam prestasi yang dicapai serta debut yang dikerjakan dan manajemen yang professional jadi PT. Herlinah Cipta Pratama selalu maju, berkembang serta berkelanjutan 

Visi, Misi, serta Stategi Perusahaan 

Visi 
Wujudkan perusahaan yang berkembang, credible serta keuntunganable yang dikelola dengan sehat serta professional lewat pengembangan sumber daya manusia yang kuat serta mandiri. 
Misi 

Memberi service maksimal pada pelanggan, 
Memberi keuntungan yang seimbang. 
Membuat jalinan yang serasi dengan semua pemegang saham perusahaan. 
Membuat perkembangan perusahaan yang berkepanjangan lewat pengembangan usha, efisiensi serta produktifitas kerja. 
Kiat 5-P 

P-1 Pemetaan semuanya aktivitas usaha 
P-2 Pengaturan dalam menggerakkan program disemua sisi. 
P-3 Service pada customer internal serta eksternal. 
P-4 Pengembangan/Diversifikasi product. 
P-5 Promosi dengan efisien serta efektif. 
Aplikasi visi, misi serta kiat perusahaan didasari oleh 3 prinsip paling utama manajemen yang diaplikasikan melaui pengelolaan manajemen kekeluargaan serta dedikasi menuju kea rah professional. Prinsip-prinsip itu yaitu : 

Mawas Diri 
Tahu Diri 
Harga Diri 
Penghargaan 
Di bawah ini adalah sebagian penghargaan yang sempat di terima oleh Dodol Picnic, diantaranya : 

Penghargaan UPAKARTI th. 1990 
Penghargaan SIDDHAKARYA di bagian produktivitas th. 1995 
Penghargaan PARAMAKARYA di bagian produktivitas th. 1996 
Penghargaan Indonesia Development Citra Award 1998-1999 
Asian Best Economic Executive Award th. 2004 
Product Picnic 

Di bawah ini adalah beberapa produk Picnic yang sekarang ini mengedar di market, yakni : 

Dodol Picnic Classic 
Dodol Picnic Classic 1000 Gr 
Dodol Picnic Classic 500 Gr 
Dodol Picnic Classic 250 Gr 
Dodol Picnic Biru 800 Gr 
Dodol Picnic Biru 400 Gr 
Dodol Picnic Lapis Roll 500 Gr 
Dodol Picnic Durian Roll 400 Gr 
Dodol Picnic Special Bermacam Buah 

Dodol Picnic Rasa Durian 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Strawberry 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Coco Pandan 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Blueberry 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Jambu 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Nanas 200 Gr 
Special Gift Mini Bermacam Buah 
Special Gift Isi 6 Bermacam Buah 
Special Gift Sachet Bermacam Buah 700 Gr 
Special Gift Sachet Bermacam Buah 350 Gr 
Dodol Picnic Special Bermacam Rasa 

Dodol Picnic Rasa Kurma 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Mocca 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Susu 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Coklat 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Wijen 200 Gr 
Dodol Picnic Rasa Jahe Plus Madu 200 Gr 
Special Gift Mini Bermacam Rasa 
Special Gift Isi 6 Bermacam Rasa 
Special Gift Sachet Bermacam Rasa 700 Gr 
Special Gift Sachet Bermacam Rasa 350 Gr 
Choco. Dol 

Choco. Dol Bar Rasa Kurma 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Mocca 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Susu 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Wijen 45 Gr 
Choco. Dol Bar Dark Chocolate 45 Gr 
Choco. Dol Bar White Chocolate 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Jahe Madu 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Stobreri 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Durian 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Pandan 45 Gr 
Choco. Dol Gift Bermacam Rasa 4 x 45 Gr 
Choco. Dol Gift Bermacam Buah 4 x 45 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Jahe Madu 100 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Durian 100 Gr 
Choco. Dol Bar Rasa Wijen 100 Gr 
Choco. Dol Gift Bermacam Rasa 3 x 100 Gr 
Choco. Dol Brown 100 Gr 
Dodol Brownies 

Dodol Brownies Rasa Buah 125 Gr 
Dodol Brownies Rasa Wijen 125 Gr 
Dodol Brownies Rasa Buah 225 Gr 
Dodol Brownies Rasa Wijen 225 Gr 
Dodol Brownies Rasa Buah 325 Gr 
Dodol Brownies Rasa Wijen 325 Gr 
Dodol Brownies Tray Besar 
Dodol Brownies Cookies Rasa Wijen 
Dodol Brownies Cookies Kacang Mete

Tidak ada komentar:

Posting Komentar